Persiapan Yang Pelu Dilakukan Saat Meeting Online

Persiapan Yang Pelu Dilakukan Saat Meeting Online

Persiapan Yang Pelu Dilakukan Saat Meeting Online – Di jaman yang serba digital ini hampir semua pekerjaan dilakukan secara online tidak terkecuali kegiatan meeting, Namun tidak semua situasi dapat dilakukan meeting secara online, untuk itu perlu diketahui kapan waktu yang tepat untuk dapat memanfaatkan teknologi meeting online ini. Selain itu agar metting online berjalan sesuai rencana diperlukan perangkat video conference sebagai alat pendukung.

Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan meeting online adalah menganggap bahhwa tidak ada perbedaan antara meeting online dengan meeting konvensional, padahal hal itu tidak benar, pada saat melakukan meeting online terkadang respon dari peserta akan berbeda dari pada meeting secara konvensional.

Tips Dalam Melakukan Meeting Online

Dalam melakukan meeting online diperlukan beberapa persiapan agar meeting online dpat berjalan dengan lancar, berikut beberapa tips persiapan dalam melakukan meeting online:

Memastikan Materi yang Akan Didiskusikan Sudah Siap Sepenuhnya

Selum berjalannya meeting online anda harus menentukan materi apa yang akan diskusikan dengan peserta, Buatlah materi yang jangan bertele-tele degan tampilan yang menarik. jauh hari sebelum meeting online dilakukan buatlah invitasi agenda meeting terlebih dahulu, dengan memanfaatkan google aps anda bisa membuat agenda secara otomatis yang terintegrasi dengan google hangout.

Cek Alat dan Perangkat Keperluan Meeting

30 menit sebelum meeting di mulai lakukan ceklist pemeriksaan alat terlebih dahulu, berikut daftar alat yang bisa anda cek:

– Konteksi Internet
– Audio, bisa berupa mikrofon, speaker atau telepon
– webcam
– monitor

Jaga Fokus Anda dan Peserta

Biasanya pada slide ke 3 presentasi peserta akan mulai merasa bosan dan mudah terdistraksi dengan hal yang di luar meeting, oleh karena itu diperlukan penyegaran dan mengembalikan fokusnya dengan cara melempar beberpa pertanyaan dan menjelaskan secara berkala.

Pahami Etika

Berikut beberapa etika ketika meeting online
-jangan memotong Pembicaraan
-jangan berteriak
-jangan mengerjakan hal lain
-jangan diskusi dengan peserta lain yang tidak ada hubungannya dengan materi meeting

Cairkan Situasi Agar Lebih Nyaman

Saat melakukan online meeting biasanya anda akan merasa canggung, untuk mencairkan suasana anda bisa memulai percakapan ringan dan santai pada peserta anda juga bisa membuat sebuah poling dengan mengirimkan jawaban via chat.

Demikianlah sedikit tips agar meeting online yang anda dan team lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga:

Jangan lewatkan info terbaru

Ikuti Blog Kami untuk Informasi & Produk Update

Daftarkan diri anda

Ikuti Newsletter Berkala Kami

Dapatkan promo terkini dan terbaik serta update terbaru mengenai Solusi Video Conferencing untuk usaha Anda